5 Cara Menghilangkan Wajah Kusam Memanfaatkan Bahan-Bahan di Sekitar Kita

Kulit wajah kusam pada wanita seakan-akan pemiliknya terlihat tua dan kelelahan. Sementara kulit wajah yang bersinar akan selalu menyenangkan untuk dipandang mata dan juga merupakan tanda dari kulit yang sehat. Untuk mengurangi tampilan kulit kusam di wajah ini, para wanita bisa memanfaatkan terapi rumahan menggunakan bahan-bahan sederhana. 5 cara menghilangkan wajah kusam berikut ini mencoba memanfaatkan bahan-bahan alam di sekitar kita.

Cara Menghilangkan Wajah Kusam

Cara Menghilangkan Wajah Kusam

1. Ramuan madu dan gula pasir
Langkah pertama untuk menyingkirkan kusam dari wajah Anda adalah dengan menghilangkan lapisan sel kulit mati lewat pengelupasan kulit. Untuk melakukannya, campurkan madu dan gula pasir ke dalam mangkuk. Kemudian terapkan ke wajah dan leher dengan merata. Gosok lembut untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati yang membuat tampilan kusam. Selanjutnya cuci wajah Anda dengan air hingga bersih. Setidaknya lakukan cara menghilangkan wajah kusam ini seminggu sekali.

2. Ramuan bubur buah asam jawa (Tamarind)
Cara lain menghilangkan wajah kusam karena lapisan sel kulit mati adalah dengan melakukan scrub menggunakan bubur daging asam jawa di wajah Anda. Daging buah asam jawa memiliki kandungan antioksidan, serat, vitamin B, vitamin C, dan lainnya yang akan membantu menghapus kotoran sekaligus membuatnya bercahaya. Buat ramuan masker wajah yang terdiri dari bubur daging asam segar, cendana bubuk dan air mawar. Campur semua bahan bersama-sama untuk menghasilkan pasta. Terapkan pasta tadi ke kulit wajah. Setelah sekitar 20 menit ketika masker wajah mengering, cuci dengan air hangat.

3. Ramuan masker lemon
Kulit Anda juga akan terlihat kusam ketika sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar matahari dapat meninggalkan tanda gelap pada kulit wajah Anda. Dan untuk menyingkirkannya anda bisa memanfaatkan lemon sebagai masker. Yang harus Anda lakukan yaitu memeras buah lemon dan tampung air sarinya. Terapkan ke wajah Anda namun hindari daerah sekitar mata. Biarkan selama 15 menit dan selanjutnya bilas dengan air bersih. Jus lemon memiliki sifat memutihkan yang akan membantu menghilangkan tanda gelap kulit wajah dengan efektif.

4. Ramun buah aprikot dan tomat
Untuk sentuhan akhir, cara menghilangkan wajah kusam adalah menerapkan masker dari campuran buah aprikot dan tomat. Antioksidan, vitamin dan mineral yang dikandung kedua buah itu tidak hanya akan menutrisi dan merevitalisasi kulit namun juga membuat kulit Anda terlihat lebih kencang dan montok. Cara menggunakannya cukup mudah, setelah masker dibuat dengan memblender kedua buah tadi, segera aplikasikan ke kulit wajah secara merata. Tetap pertahankan selama 20 menit baru kemudian cuci wajah Anda dengan air bersih.

5. Ramuan nasi dan minyak mawar
Ramuan berbentuk krim ini akan berfungsi sebagai scrub lembut yang akan menghilangkan sel-sel mati di wajah. Aplikasi cara menghilangkan wajah kusam ini juga akan membantu menghilangkan kulit gelap karena paparan sinar matahari dan mencegah kerusakan sel oleh radikal bebas. Ramun ini cocok bila digunakan oleh mereka yang memiliki kulit kering dan sensitif. Tambahkan sedikit nasi (Anda bisa menggiling untuk membuatnya sedikit halus) dan dua tetes minyak mawar. Lumat-lumat sampai agak halus dan terapkan ke wajah. Biarkan hingga kering sebelum anda mencucinya dengan air.