8 Langkah dan Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah

Apakah kulit Anda berminyak yang meninggalkan kemilau di wajah hampir sepanjang waktu? Kenyataan ini dapat mengganggu dan membuat Anda terlihat berkeringat dan lelah. Fakta ini terjadi karena kulit memproduksi lebih banyak sebum dari yang dibutuhkan sehingga memberikan kondisi kulit berminyak. Anda mungkin telah mencoba beberapa produk untuk mengatasinya namun belum juga menunjukkan hasil. Kulit kita membutuhkan sejumlah minyak untuk tetap sehat, tetapi sering bila ada kelebihan produksi minyak, ini dapat menyebabkan masalah.

Cara Menghilangkan Minyak Berlebih di Wajah

Kadar hormon, faktor genetika, pola makan yang buruk dan bahkan kelembaban bisa berpengaruh pada produksi minyak berlebih di kulit. Obat terbaik untuk mengatasinya sebenarnya sederhana yaitu menjaga kulit wajah selalu bersih. Berikut tata cara menghilangkan minyak berlebih di wajah lewat kebiasaan benar berikut ini :

1. Gunakan toner kulit
Toner kulit dapat membantu mengontrol kelebihan minyak. Tapi Anda tidak perlu menerapkannya ke seluruh wajah. Hanya gunakan pada area wajah yang sangat berminyak. Biasanya di daerah T adalah bagian wajah dengan minyak berlebih.

2. Lakukan eksfoliasi secara teratur
Anda cenderung memiliki lebih banyak sel-sel kulit mati karena minyak kontak dengan kotoran yang menempel di wajah Anda. Oleh karena itu Anda harus mengelupaskan kulit Anda secara teratur. Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah ini pun akan meringkas pori-pori dan mencegah komedo dan jerawat.

3. Gunakan pelembab ringan
Anda mungkin berpikir tidak perlu pelembab karena kulit Anda sudah berminyak. Tapi Anda harus mengganti kelembaban yang hilang atau kulit Anda mungkin akan kering dan menghasilkan lebih banyak minyak. Pilih pelembab bebas minyak sehingga tak meninggalkan lapisan berminyak di wajah.

4. Jangan melewatkan tabir surya
Produk tabir surya akan membantu menjaga kulit Anda tetap terproteksi dari bahaya sinar UV matahari. Melewatkan sesi penggunaan tabir surya akan menyebabkan masalah lain seperti penuaan dini kulit, warna kulit tidak merata, pigmentasi, dan sebagainya.

5. Memilih kosmetik bebas minyak
Untuk mencegah wajah berminyak, pastikan Anda memilih kosmetik berbasis air atau bebas minyak sehingga tidak akan memblokir pori-pori. Kosmetik berbasis air pun akan mencegah jerawat.

6. Minum banyak cairan
Cara menghilangkan minyak berlebih di wajah ternyata bisa juga dengan merutinkan minum banyak cairan. Minum air yang cukup akan mendetoksifikasi tubuh Anda dan menjaga keseimbangan cairan. Minum 8-10 gelas air sehari untuk memperbaiki penampilan kulit Anda bersih dan sehat.

7. Selalu menghapus make-up sebelum tidur
Jangan pernah pergi tidur dengan make-up di wajah yang berisiko menyumbat pori-pori dan menciptakan surga bagi pertumbuhan bakteri. Tidak peduli seberapa lelah Anda, termasuk cara menghilangkan minyak berlebih di wajah adalah selalu bersihkan make-up dari kulit wajah Anda sebelum naik ke peraduan.

8. Mencoba perawatan wajah berminyak sendiri di rumah
Pengobatan dari rumah masih dianggap lebih baik daripada produk kimia karena tidak adanya efek samping. Madu, gel lidah buaya adalah dua contoh bahan alami yang dapat digunakan pada kulit berminyak. Cuka juga sangat membantu dalam mengobati kulit berminyak.