13 Advis Cara Mudah Menghilangkan Depresi yang Melanda

Depresi menguras energi Anda, harapan, dan juga semangat hidup anda. Anda merasa sulit untuk melakukan apa yang Anda butuhkan untuk merasa lebih baik. Anda pun merasa buntu dan tak tahu bagaimana cara menghilangkan depresi yang anda alami. Merasa lebih baik memang membutuhkan waktu, tetapi Anda bisa sampai ke sana jika Anda membuat pilihan positif untuk diri sendiri setiap hari. Ketika Anda merasa cemas atau stres, strategi cara menghilangkan depresi berikut ini akan membantu Anda mengatasinya :

Cara Menghilangkan Depresi

Cara Menghilangkan Depresi


1. Sediakan waktu luang.
Gunakan untuk latihan yoga, mendengarkan musik, bermeditasi, mendapatkan pijatan atau belajar teknik relaksasi. Keluar sementara dari beban masalah akan membantu membersihkan dan meringankan kepala Anda.

2. Makan makanan seimbang.
Jangan melewatkan makanan apapun. Cara menghilangkan depresi adalah dengan menjaga kesehatan yang salah satunya dengan konsumsi makanan seimbang. Bahkan makanan ringan pun akan memberikan energi ke tubuh anda.

3. Batasi alkohol dan kafein
Keduanya dapat memperburuk kecemasan dan memicu serangan panik.

4. Tidur yang cukup.
Saat depresi, tubuh Anda membutuhkan tidur dan istirahat tambahan.

5. Olahraga setiap hari
Cara menghilangkan depresi ini akan membantu Anda merasa segar dan sekaligus juga menjaga kebugaran tubuh dan mental.

6.  Ambil napas dalam-dalam.
Hirup dan hembuskan napas perlahan. Hitung sampai 10 kali hitungan. Ulangi dan hitung sampai 20 jika perlu.

7. Lakukan yang terbaik.
Alih-alih bertujuan untuk kesempurnaan yang tidak mungkin, terima kenyataan bahwa Anda tidak bisa mengendalikan semua hal. Tanamkan dalam pikiran bahwa apa yang anda alami tak benar-benar seburuk seperti yang Anda pikirkan.

8. Selamat datang humor.
Tertawa lepas akan membuat ketegangan pikiran menjadi mereda. Inilah cara menghilangkan depresi yang sangat menyenangkan.

9. Mempertahankan sikap positif.
Lakukan upaya untuk mengganti pikiran negatif dengan hal positif. Tak ada keuntungan dari berpikir negatif selain dari membuat anda down.

10. Aktif berkegiatan.
Mungkin dengan menjadi relawan atau mencari cara lain untuk aktif dalam komunitas Anda. Dengan menciptakan jaringan maka akan memberikan kepada Anda kesempatan terlepas dari stres sehari-hari.

11. Pelajari apa yang memicu depresi Anda.
Apakah pekerjaan, keluarga, sekolah, atau sesuatu yang lain. Anda bisa menulisnya dalam sebuah buku jurnal ketika Anda merasa stres atau cemas, dan berusaha mencari pemecahan terbaiknya.

12. Berbicara dengan seseorang.
Beritahukan kepada teman dan keluarga Anda bahwa anda sedang down. Biarkan mereka tahu bagaimana sehingga dapat membantu Anda. Anda pun bisa berbicara dengan dokter atau terapis untuk bantuan profesional.

13. Dapatkan bantuan online.
Cara menghilangkan depresi kini bisa juga lewat jalur dunia maya. Beberapa layanan online menawarkan program online yang dipandu oleh pelatih profesional untuk membantu Anda melakukan manajemen kecemasan menjadi kebiasaan sehat.