7 Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam Cukup dari Rumah

Jaringan parut adalah bagian alami yang terbentuk dari proses penyembuhan setelah terjadi luka. Bekas luka ini membentuk jaringan kasar yang berwarna hitam sehingga bila terjadi di bagian wajah, lengan atau kaki maka akan menganggu penampilan seorang wanita. Jerawat yang sudah sembuh seringnya pun bisa menyisakan bekas luka menghitam yang susah untuk dihilangkan. Cara menghilangkan bekas luka yang menghitam di tubuh selain mengandalkan produk-produk kecantikan yang banyak dijual ternyata bisa juga menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita seperti berikut ini :

Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam

Cara Menghilangkan Bekas Luka yang Menghitam


1. Baking soda
Cara menghilangkan bekas luka yang menghitam metode lama yang cukup ampuh salah satunya menggunakan baking soda. Baking soda adalah eksfoliator alami yang akan membantu menipiskan lapisan jaringan parut yang dihasilkan oleh luka. Caranya cukup sederhana, baking soda dibuat pasta dengan mencampurkan dua bagian air dan satu bagian baking soda. Terapkan pasta baking soda tadi ke bekas luka menghitam dan mulai gosok-gosok lembut selama sekitar satu menit. Setelahnya Anda bisa membilasnya menggunakan air bersih. Jangan menggosok terlalu keras sebab beresiko terjadi perlukaan di area tersebut.

2. Minyak vitamin E
Caranya dengan mengoleskan minyak vitamin E ke bekas luka secara rutin menjelang tidur setiap hari. Cara menghilangkan bekas luka yang menghitam ini merupakan metode efektif untuk memudarkan bintik-bintik hitam dan bekas luka menghitam di kulit tubuh.

3. Minum banyak air
Cara yang cukup mudah untuk menghilangkan bekas luka di kulit tubuh yaitu konsumsi banyak air putih setiap hari. Kebiasaan sehat yang satu ini akan membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda dan pada gilirannya akan memberikan wajah bebas dari bekas luka.

4. Air sari lemon
Untuk cara ini perlu diingat agar jangan menggunakan air sari lemon langsung ke wajah Anda karena dapat membahayakan kulit. Encerkan dulu air sari lemon tersebut  dalam air atau air mawar dan kemudian baru diterapkan ke kulit Anda.

5. Rutin mencuci wajah
Cuci wajah Anda setidaknya dua kali sehari menggunakan air dingin segar bila anda menginginkan bekas luka atau jerawat menyingkir dari wajah anda. Kebiasaan ini terutama adalah untuk mencegah penyumbatan pori-pori sehingga kulit menjadi sehat dan bisa melakukan regenerasi lapisan kulit baru yang sehat.

6. Minyak lavender
Aplikasikan dan lakukan massage ringan di bekas luka menghitam ini untuk membantu menyamarkan warna hitamnya. Penggunaan secara rutin akan memberikan hasil yang menakjubkan untuk bekas luka menghitam anda.

7. Putih telur
Cara menghilangkan bekas luka yang menghitam ini pun bisa digunakan meski mungkin bagi sebagian orang agak menjijikkan. Tetapi kandungan protein dalam putih telur akan efektif dalam membantu meremajakan kulit Anda. Cobalah mengaplikasikan putih telur di daerah bekas luka menghitam tiga kali sehari secara rutin sampai memudar.