8 Cara Menghilangkan Rasa Kantuk dengan Cepat

Apakah Anda tidak cukup tidur di malam hari atau pesta sepanjang malam membuat anda mengantuk di pagi hari? Ketika tubuh berteriak minta tidur, adalah hal yang buruk memaksa diri tetap terjaga. Namun karena banyak tugas penting yang harus diselesaikan hari ini maka anda tetap harus sadar. Ketika mengantuk maka kebiasaan selama ini adalah meraih kopi ataupun minuman energi. Namun ketahuilah bahwa keduanya tidak pernah membantu dan bahkan dapat membahayakan kesehatan Anda. Mencoba beberapa tips cara menghilangkan rasa kantuk berikut ini akan lebih efektif mengusir rasa kantuk yang mendera :

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk

Cara Menghilangkan Rasa Kantuk

1. sinar matahari pagi
Sinar matahari pagi adalah cara cepat dan efektif membangkitkan mood. Sinar matahari akan mendorong produksi Vitamin D dan melindungi Anda dari perubahan mood musiman. sinar matahari pagi pun akan membuat Anda terjaga. Hanya dengan membuka tirai kamar dan biarkan sinar matahari masuk menerangi seluruh ruang.

2. Minum lebih banyak air
Jika Anda mengalami dehidrasi maka biasanya akan merasa lebih lelah. Untuk itu penting untuk minum cukup air setiap hari. Anda perlu minum lebih banyak dari biasanya ketika Anda merasa mengantuk dan lelah agar tetap terjaga. Minum setengah liter air dingin adalah cara yang bagus untuk menyegarkan diri Anda pada hari yang panas.

3. Menyantap makanan yang tepat
Cara menghilangkan rasa kantuk ternyata bisa juga ditanggulangi dengan memperhatikan diet. Jangan melewatkan sarapan dan pastikan Anda makan siang tidak mengandung banyak lemak. Cobalah makan dengan porsi kecil sepanjang hari dengan kandungan protein tinggi.

4. Berjalan-jalan
Duduk tidak akan membantu Anda tetap terjaga. Ketika Anda merasa sangat mengantuk pergilah jalan-jalan meski saat itu Anda sedang banyak tugas untuk diselesaikan. Cara menghilangkan rasa kantuk ini benar-benar efektif untuk tetap membuat anda terjaga. Jika Anda berada di tempat kerja dan Anda tidak diizinkan untuk pergi terlalu jauh, buat minuman di dapur atau berjalan-jalan ke meja rekan kerja Anda.

5. Ambil napas dalam-dalam
Sebuah teknik pernapasan juga dapat membantu Anda tetap terjaga. Mulailah bernapas dalam-dalam dengan menarik perut ke arah diafragma dan keluarkan melalui hidung Anda. Cobalah untuk melakukan hal tersebut dengan cepat untuk membuat anda tetap terjaga. Anda dapat melakukannya pada istirahat makan siang di tempat kerja.

6. Mendengarkan musik upbeat
Mendengarkan musik upbeat yang menghentak akan mengusir rasa kantuk dalam waktu singkat. Hindari mendengarkan musik santai, seperti musik klasik karena dapat membuat Anda makin mengantuk.

7. Udara segar
Ketika Anda merasa mengantuk, menghirup udara segar mungkin sesuatu yang Anda butuhkan untuk tetap segar. Jika Anda berada di tempat kerja, buka jendela atau pergi keluar selama jam istirahat atau jam makan siang tiba. Jika Anda berada di dalam mobil, buka jendela untuk menyegarkan udara di dalam mobil Anda sesering mungkin.

8. Mandi
Jika Anda bekerja dari rumah dan perlu untuk tetap terjaga maka cara menghilangkan rasa kantuk adalah mandi. Jika Anda sedang bekerja dan tidak bisa mandi, perciki wajah Anda dengan air dingin sehingga anda merasa segar.