Jangan Gunakan Bahan Kimia, Ini Alternatif Cara Menghilangkan Lalat yang Lebih Alami

Sama seperti nyamuk, lalat pun jenis serangga pengganggu yang paling sering ditemukan di lingkungan tempat tinggal kita. Lalat suka beraktifitas di dalam rumah sebab udaranya yang hangat dengan banyak makanan terhidang. Lalat biasanya masuk lewat pintu dan jendela terbuka yang tak terpasang tirai. Bila sudah berada di dalam rumah, lalat akan sulit keluar dari dalam rumah dan hanya berterbangan sambil mendengung. Yang juga dikhawatirkan dari serangga ini adalah potensi penyebaran penyakit yang tertempel di kaki-kakinya. Lalu bagaimana cara menghilangkan lalat dari dalam rumah yang efektif?

Cara Menghilangkan Lalat

Cara Menghilangkan Lalat

1. Cuka sari apel
Caranya dengan membuat jebakan lalat menggunakan cuka sari apel sebagai penariknya. Siapkan stoples bersih dan masukkan cuka sari apel sampai setengah penuh. Buat lubang-lubang kecil pada penutup stoples dimana lubang-lubang itu cukup untuk dimasuki lalat. Pasang jebakan ini di lokasi di mana lalat banyak berterbangan. Lalat-lalat biasanya akan tertarik dengan bau cuka dan berusaha masuk ke dalam toples. Lalat tak cukup pintar untuk bisa terbang keluar lagi dan akhirnya akan tenggelam di dalam cairan cuka. Anda bisa mengganti larutan cuka apel di dalam toples dengan rutin selama lalat-lalat masih ada.

2. Tanaman pengusir lalat
Taruh tanaman yang tak disukai lalat di sekitar pintu masuk rumah. Sejumlah jenis tanaman bisa menghalau serbuan lalat cuma dengan meletakkannya di dekat pintu. Termasuk tanaman itu yakni menthol. Taruhlah tanaman ini di dekat pintu depan serta pintu belakang sebagai cara menghilangkan lalat pengganggu. Tanaman piretrum pun bisa dipakai untuk menghalangi lalat. Tempatkan dalam vas dan ditambahkan air, selanjutnya letakkan di sekeliling rumah. Wangi piretrum bisa tetap tercium meski tanamannya sudah kering, sehingga biarkan saja bila tangkainya sudah layu. Kiat ini memang tak menjamin, namun setidaknya bisa sedikit menahan lalat-lalat beterbangan masuk rumah.

3. Daun kemangi
Bila dijumpai lalat-lalat yang beterbangan di dapur, coba letakkan daun kemangi yang sudah dilumatkan di meja dapur. Cara ini bisa membantu menghalau lalat supaya tak hinggap di tempat memasak. Daun lain yang juga ampuh sebagai cara menghilangkan lalat adalah daun menthol. Kemudian batang daun lavender, tansy, Mentha pulegium atau Ruta graveolens yang ditempatkan dalam vas. Minyak jarak dan tomat pun dianggap bisa menghalau serbuan lalat.