Penting, Ketahui 4 Cara Menghilangkan Bau Keringat Mudah Berikut Ini

Apakah aromanya kuat atau ringan, bau badan tetaplah sebuah masalah memalukan yang dihadapi hampir sebagian besar orang. Menyemprotkan produk wewangian memang bisa mengatasinya untuk sementara waktu namun setelah wewangian itu menguap maka bau keringat kembali menyeruak ke hidung. Untung saja ada cara cara menghilangkan bau keringat secara alami yang akan mengatasinya langsung ke sumber masalah.

Cara Menghilangkan Bau Keringat

Cara Menghilangkan Bau Keringat

Namun sebelumnya penting untuk mengetahui bagaimana bau badan ini bisa terjadi. Mandi yang tidak memadai atau kebersihan yang buruk dapat menyebabkan bau yang tidak menyenangkan yang disekresikan oleh kelenjar apokrin yang terletak di ketiak, alat kelamin dan sekitar puting susu. Juga zat yang dikeluarkan oleh kelenjar ekrin yang ditemukan di ketiak, tangan dan kaki ketika berinteraksi dengan bakteri kulit. Kelenjar sebaceous yang terletak di kulit kepala, wajah dan dada juga menghasilkan minyak yang agak berbau dengan atau tanpa bakteri. Jika orang kurang bisa menjaga kebersihan kulit maka bau badan pasti akan timbul di beberapa bagian tubuh mereka.

Dan sebagai cara menghilangkan bau keringat atau bau badan menyengat, berikut pilihan yang bisa anda lakukan :

1. Mencukur bulu ketiak
Bulu lebat di bawah lengan Anda dapat menciptakan lingkungan yang sangat untuk bakteri terlebih ketika basah oleh keringat. Rambut berpori yang berarti mudah menyerap bau dan bahkan dapat memperlambat penguapan keringat. Rambut pun bisa berfungsi sebagai perangkap bau lebih-lebih ketika itu berada di ketiak Anda. Sangat disarankan mencukur bulu-bulu ketiak Anda sehingga bakteri tidak terjebak dalam rambut yang akan menimbulkan bau keringat.

2. Mengganti sepatu
Selama ini kita menganggap bahwa sumber bau keringat atau bau badan berasal dari ketiak. Memang benar namun bau busuk pun bisa datang dari kaki Anda. Mengganti sepatu Anda akan mencegah munculnya bau badan.

3. Manfaatkan cuka
Cuka, apakah itu berasal dari sari apel atau cuka putih biasa dapat membantu menurunkan tingkat pH kulit yang tak disukai bakteri. Cara menghilangkan bau keringat atau bau badan ini cukup dengan mengusapkan larutan cuka di ketiak saat akan keluar dari kamar mandi sehabis mandi. Ini akan menjamin saat anda berkeringat, bagian ketiak tak akan ditumbuhi oleh bakteri penyebab bau.

4. Baking soda
Baking soda membantu menyerap keringat dan mengurangi bau badan. Plus, membunuh bakteri dan bekerja seperti deodoran alami. Campurkan satu sdm baking soda dan juga satu sdm jus lemon. Terapkan ke area ketiak dan bagian tubuh lainnya di mana Anda berkeringat berlebihan. Biarkan selama beberapa menit dan selanjutnya cuci dengan air bersih namun jangan menggosok-gosoknya. Selanjutnya anda bisa mandi. Lakukan ini sekali sehari selama beberapa minggu. Cara menghilangkan bau keringat menggunakan baking soda ini pun bisa dengan mencampurkannya dengan satu sdm tepung jagung. Campur dengan satu sdm baking soda dan terapkan langsung ke bagian ketiak kering untuk mencegah berkeringat serta bau badan. Gunakan ramuan ini bila Anda membutuhkan perlindungan dari bau keringat untuk beberapa jam.