Kompetensi adalah seperangkat kemampuan yang menyangkut sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dimiliki oleh peserta didik setelah mempelajari suatu muatan pembelajaran (kompetensi dasar). Perolehan kompetensi dalam pembelajaran pada umumnya berlangsung secara berurutan. Namun Proses belajar untuk mencapai kompetensi sikap tidak berlangsung secara eksplisit, tetapi terintegrasi dalam belajar pengetahuan dan keterampilan yang difasilitasi guru. Bila guru menghendaki siswa bersikap kritis, maka bahan ajar ketika mempelajari pengetahun dan keterampilan hendaknya memuat tugas atau pertanyaan yang melatih siswa agar kritis.
Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki oleh peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program. Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas. Kompetensi inti bukan untuk diajarkan, melainkan untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran yang relevan.
Setiap mata pelajaran harus tunduk pada kompetensi inti yang telah dirumuskan. Dengan kata lain, semua mata pelajaran yang diajarkan dan dipelajari pada kelas tersebut harus berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti. Ibaratnya, kompetensi inti merupakan pengikat kompetensi-kompetensi yang harus dihasilkan dengan mempelajari setiap mata pelajaran. Di sini kompetensi inti berperan sebagai integrator horizontal antarmatapelajaran.
Dengan pengertian ini, kompetensi inti adalah bebas dari mata pelajaran karena tidak mewakili mata pelajaran tertentu. Kompetensi inti merupakan kebutuhan kompetensi peserta didik, sedangkan mata pelajaran adalah pasokan kompetensi dasar yang akan diserap peserta didik melalui proses pembelajaran yang tepat.
Dalam mendukung kompetensi inti, capaian pembelajaran mata pelajaran diuraikan menjadi kompetensi dasar yang dikelompokkan menjadi empat bagian. Hal ini sesuai dengan rumusan kompetensi inti yang didukungnya, yaitu dalam kelompok kompetensi sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan.
Uraian kompetensi dasar sedetil ini adalah untuk memastikan bahwa capaian pembelajaran tidak berhenti sampai pengetahuan saja, melainkan harus berlanjut ke keterampilan, dan bermuara pada sikap. Kompetensi dasar dalam kelompok kompetensi inti sikap bukanlah untuk peserta didik, tetapi sebagai pegangan bagi pendidik, bahwa dalam mengajarkan mata pelajaran tersebut, ada pesan-pesan sosial dan spiritual yang terkandung dalam materinya.
Itulah sedikit uraian tentang Konpetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD). Dan bagi ayah atau bunda yang membutuhkan KI dan KD PAUD K-13 dapat mendownloadnya disini; Download KI dan KD PAUD K-13
KI dan KD PAUD K-13
Posted by
Momod ads.id
at
01.31.00
Tags :
#PENDIDIKAN
Related : KI dan KD PAUD K-13
Materi dan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Halaman 33, 39, 40, 41 –Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia, Halaman 33, 39, 40, 41 Tema 3 Kelas 6 SD Subtema ...
Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Kurikulum 2013 Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesukse ...
Materi dan Kunci Jawaban Buku Tematik Kelas 6 Tema 3 Subtema 1 Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8 - Materi dan Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 3 Tokoh dan Penemuan Subtema 1 Penemu yang Mengubah Dunia Halaman 3, 4, 5, 6, 7, 8 Tema 3 Kelas 6 SD Subtema ...
Materi dan Kunci Jawaban Tema 2 Kelas 6 Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Kurikulum 2013 Kunci Jawaban Kelas 6 Tema 2 Persatuan dalam Perbedaan Subtema 1 Rukun dalam Perbedaan Pembelajaran ...
Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136 – Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 4 Globalisasi Subtema 3 Globalisasi dan Cinta Tanah Air Pembelajaran 6 Halaman 131, 132, 133, 134, 135, 136. Jawaban ...