-->

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Halaman 132, 133, 136

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 132, 133, 136 - Kunci jawaban buku siswa tematik Tema 5 Pahlawanku subtema 3 Sikap Kepahlawanan kegiatan pembelajaran 6 kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Semester 1 ini kakak buat khusus untuk siswa kelas 4 yang saat ini sedang mengerjakan tugas-tugas sekolah.

Semoga Jawaban Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6 ini dapat membantu siswa/peserta didik dalam mengerjakan soal-soal atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh tenaga pendidik yang ada di sekolah siswa masing-masing yang dapat siswa akses pada daftar isi di bawah. Alternatif jawaban buku yang kakak gunakan bersumber dari kunci jawaban buku siswa tema 5 kelas 4 Pahlawanku Kurikulum 2013 SD/MI semester 1 revisi 2017 sebagai panduan dan jawaban berisi rangkuman yang sudah kami sedia.

 Sikap Kepahlawanan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Halaman 132, 133, 136

Sebelumnya kakak juga sudah berbagi untuk kunci jawaban tema 5 kelas 4 yaitu Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 5 Halaman 124, 127, 128. Semoga Jawaban dari Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 6 yang kakak berikan dapat bermanfaat untuk Siswa sekolah dasar SD/MI dalam melakukan tugas pembelajaran di sekolah, dan juga bisa menjadi referensi bagi tenaga pendidik yang membutuhkan. 

Baca Juga :

Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Pembelajaran 6

Ayo Membaca 

Baca teks berikut dalam hati!

Setiap orang bisa menjadi pahlawan, asalkan dia melakukan hal-hal yang berguna untuk lingkungannya.

Apakah sikap yang dimiliki sosok di bawah ini mencerminkan sikap kepahlawanan?

Kakek Penyelamat Lingkungan Tanpa Pamrih

 Sikap Kepahlawanan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Halaman 132, 133, 136

Berbuat baik tidak harus menunggu kaya. Itulah falsafah hidup seorang pria 65 tahun yang tinggal di Sumedang, Jawa Barat. Dengan ketekunan dan kesederhanaan,sang kakek mampu mengubah lahan yang tandus di kaki Gunung Tampomas menjadi lahan hijau.

Kaki Gunung Tampomas dulunya hanyalah padang tandus yang rusak karena penambangan pasir. Setelah pasir habis ditambang,tempat tersebut ditinggal begitu saja kering dan gersang. Tidak ada yang bertanggung jawab. Tidak ada yang dikenai sanksi karena kerusakan ekosistem ini.

Duha Juhaeri menjadi penyelamat lahan yang rusak. Selama 26 tahun tanpa dibayar, tanpa pamrih, terus berupaya supaya lahan kering menjadi hijau. Usaha kakek ini tidak sia-sia. Kini puluhan petani dan peternak menggantungkan hidup dari jerih payah Juhaeri.

Karena itu ketekunannya pula, sang kakek rajin ini berhasil menjadi peternak. Namun, Juhaeri bukanlah tipe orang egois. Ketika berhasil, dia membagi kebahagiaan itu kepada penduduk sekitar untuk diajak menjadi peternak.

Kini Kakek Juhaeri menuai kebahagiaan dari benih kebaikan yang ditabur. Hanya dengan upaya sederhana, Juhaeri ternyata mampu mengubah dari tiada menjadi ada. Dari kerusakan menjadi keteduhan.Untuk berbuat baik, perlu usaha yang tiada henti.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5  Kelas 4 Halaman 132, 133

Tulislah pertanyaan sebanyak mungkin tentang Kakek Duha Juhaeri.

  1. Siapa kakek Duha Juhaeri?
  2. Mengapa kakek Juhaeri sangat peduli dengan lingkungan?
  3. Apa falsafah hidup kakek Juhaeri?
  4. Keteladanan apa yang dapat kita contoh dari kakek Juhaeri?

Cari informasi penting dari teks di atas dan tuliskan pada kolom berikut.

Duha Juhaeri menjadi penyelamat lahan yang rusak. Selama 26 tahun tanpa dibayar, tanpa pamrih, terus berupaya supaya lahan kering menjadi hijau. Usaha kakek ini tidak sia-sia. Kini puluhan petani dan peternak menggantungkan hidup dari jerih payah Juhaeri.

Presentasikan hasil temuanmu dalam kelompok.

Kakek Duha Juhaeri mempunyai tanggung jawab sosial yang sangat tinggi. Tindakan yang dilakukan oleh Kakek Juhaeri adalah sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Jelaskan maksud dari pernyataan di atas sehubungan dengan sila kelima Pancasila.

  1. Berusaha menolong orang lain sesuai kemampuan kita.
  2. Menghargai hasil karya orang lain dengan tidak mengejek karyanya.
  3. Menjunjung tinggi nilai kekeluargaan.
  4. 4Menghormati hak dan kewajiban orang lain.
  5. Menyayangi sesama manusia.

Kamu juga dapat menerapkan sikap yang menunjukkan tanggung jawab social dalam kehidupan sehari-hari, khususnya terhadap lingkungan. Berikan contoh!

1. Melakuakan penghijauan di sekitar rumah

2. Membuang sampah pada tempatnya

3. Membantu korban bencana alam

Apa yang akan terjadi jika kita tidak mempunyai tanggung jawab sosial dalam kehidupan sehari-hari?

Manusia itu adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. nah disini dapat kita ketahui bahwa yang akan terjadi adalah munculnya sikap sinisme dari masyarakat sekitar dan terjadinya kesenjangan sosial.

Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5  Kelas 4 Halaman 136

EVALUASI

1. Apa perbedaan antara, garis, sinar, dan segmen? Buat gambar dan penjelasan untuk pertanyaan tersebut

 Sikap Kepahlawanan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Halaman 132, 133, 136
  • Garis dapat dibentuk dari dua titik yang dihubungkan.
  • Sinar merupakan garis yang tidak berujung,
  • Sedangkan segmen merupakan garis yang panjangnya dapat kita ukur.

2. Gambarlah garis sejajar pada kolom berikut. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang garis sejajar.

 Sikap Kepahlawanan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Halaman 132, 133, 136
Dua garis sejajar merupakan garis yang tidak akan berpotongan walaupun diperpanjang.

3. Gambarlah garis berpotongan pada kolom berikut. Jelaskan apa yang kamu ketahui tentang garis berpotongan?

 Sikap Kepahlawanan kegiatan pembelajaran  Kunci Jawaban Buku Siswa Tema 5 Kelas 4 Subtema 3 Halaman 132, 133, 136
Dua garis berpotongan apabila terdapat dalam bidang yang sama dan saling bertemu pada satu titik.

4. Sebutkan contoh penerapan prinsip garis sejajar dan garis berpotongan dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan!

Garis sejajar dapat kita temui pada rel kereta api, pintu, jendela, kursi, maupun pada daun.

Garis berpotongan dapat kita temui pada jendela, atap rumah, tanda persimpangan jalan raya.

5. Sebutkan 3 contoh sikap kepahlawanan yang bisa kamu terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Membantu teman yang sedang kesulitan.
  • Pantang menyerah dan gigih dalam meraih cita-cita. 
  • Membantu orang tua dalam menyelesaikan pekerjaan rumah. Membantu Adik belajar di rumah.

6. Sebutkan tiga contoh sikap dalam kehidupan sehari-hari yang merupakan penerapan dari sila ke-5 Pancasila.

  • Bersikap adil terhadap semua teman tanpa membeda-bedakan.
  • Membagi tugas dengan adil dalam kerja kelompok.
  • Ayah dan Ibu memberikan uang saku kepadaku dan kakak sesuai dengan kebutuhanku dan kakak.

7. Tulislah kisah singkat dari salah satu pahlawan nasional yang kamu ketahui beserta perjuangannya.

Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin ialah raja dari Kerajaan Islam Gowa-Tallo di Makassar, Sulawesi Selatan. Oleh Belanda, ia dijuluki ‘Ayam Jantan dari Timur’ karena kegigihan dan keberaniannya melawan Belanda.

Ia membela kepentingan kerajaannya dan kepentingan rakyatnya dengan gigih. Ia berusaha menegakkan kedaulatan dan memperluas wilayah kerajaan. Ia berhadapan dengan Aru Palaka, Raja Bone yang dibantu oleh Belanda.

Karena perjuangan dan jasa-jasanya, nama Sultan Hasanuddin diabadikan sebagai nama jalan dan universitas di Sulawesi Selatan. Pemerintah bahkan menganugerahkan gelar Pahlawan Nasional kepada Sultan Hasanuddin.

8. Apa yang kamu ketahui tentang sifat-sifat cahaya? Jelaskan!

  • Cahaya merambat lurus. Hal ini dapat kita lihat ketika pagi hari cahaya matahari masuk melalui jendela rumah kita.
  • Cahaya dapat menembus benda bening, air misalnya, kita dapat melihat ikan di kolam karena cahaya tersebut menembus air hingga ke dasar kolam. Cahaya dapat dipantulkan, seperti yang dilakukan para pahlawan kita dulu dalam berkomunikasi menggunakan pantulan cahaya.
  • Cahaya juga dapat dibiaskan, seperti terjadinya pelangi.

9. Sebutkan 2 contoh penerapan sifat cahaya dalam kehidupan sehari-hari. Jelaskan.

  • Penggunaan lampu senter menggunakan sifat cahaya merambat lurus.
  • Cahaya dapat dipantulkan seperti saat bercermin di atas air.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Buku Siswa  Kelas 4 Tema 5 Subtema 3 Pembelajaran 6 Halaman 132, 133, 136 yang kakak bagikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik. Salam Pintar dari

Previous
Next Post »