-->

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24

Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Wirausaha Subtema 1 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24 Jawaban yang kami berikan hanya berupa jawaban alternatif saja, rajin lah belajar dan membaca. Alangkah baiknya adik-adik mencoba dengan jawaban sendiri.

Ashiaaaaapppp Okeee Selamat Membaca.

Tema 5 Kelas 6 Subtema 1 Pembelajaran 2


 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24


Ayo Mengamati

Pada pameran budaya ASEAN yang mereka kunjungi, Udin dan teman-teman mengamati beragam produk negara-negara ASEAN yang di kemas dalam berbagai bentuk seperti berikut.

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24

Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 16-17-18

Pernahkah kamu menemukan bentuk kemasan yang mirip dengan gambar di atas?

Diskusikan jawabanmu dalam kelompok.

Tuliskan hasil diskusimu.

Ya, kami sering menemukan kemasan yang mirip dengan gambar-gambar diatas.
Pada pembelajaran kali ini, kamu akan mendiskusikan terlebih dahulu tentang kemasan berbentuk balok.

Amati kemasan berbentuk balok yang telah disediakan guru, contohnya seperti gambar berikut.

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24

Apakah kamu pernah menemukan kemasan berbentuk balok di rumah? Sebutkan.

Ya Pernah, Saya pernah menenemukan kemasan yang berbentuk balok di rumah, Contohnya Kemasan kardus televisi, Kemasan kardus mie.

Amati kemasan berbentuk balok yang telah disediakan guru. Apakah kamu menemukan ciri-ciri khusus pada balok tersebut? Tuliskan.

Balok Merupakan Bangunan ruang yang dibatasi oleh 6 buah sisi persegi panjang yang 3 pasang diantaranya kongruen.

Ciri - ciri nya

1. Jumah rusuk ada 12
2. Jumlah sisi ada 6
3. Jumlah titik sudut ada 8
4. sisi berbentuk persegi panjang

Sekarang, buka balok tersebut sehingga menjadi bangun datar.

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24

Amati balok yang telah kamu buka. Apakah kamu menemukan ciri khusus yang lain? Tuliskan.

1. Sisi yang berhadapan memiliki luas yang sama.

2. Besar sudutnya sama.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 19 – 20

Sekarang, bandingkan kemasan yang telah kamu buka tadi dengan gambar  berikut.

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24

Kemudian, bandingkan jaring-jaring kemasan yang telah kamu buka dengan jaring-jaring berikut.

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24

Jawab pertanyaan berikut.

1. Berapa banyak sisi yang terdapat pada balok?

Banyak sisi pada balok adalah 6

2. Berapa banyak rusuk yang terdapat pada balok?

Banyak rusuk yang terdapat pada balok ada 12

3. Berapa banyak titik sudut yang terdapat pada balok?

Banyak titik sudut pada balok ada 8

4. Berapa banyak diagonal sisi (bidang) yang terdapat pada balok?

Banyak diagonal sisi yang terdapat pada balok 6

5. Berapa banyak diagonal ruang yang terdapat pada balok?

Banyak diagonal ruang pada balok 4

Isilah diagram frayer tentang balok berikut.

 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 21 - 22


 Kerja Keras Berbuah Kesuksesan Pembelajaran  Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24

Apa yang kamu amati dari reklame di atas?

Reklame tersebut menyampaikan informasi mengenai pasta gigi puskurdent dan selebaran mengenai lomba kreasi TPA.

Apakah kamu pernah menemukan reklame yang mirip dengan reklame diatas di sekitarmu?

Ya, saya pernah menemukan reklame yang mirip dengan reklame di atas di sekitar saya.

Apa ciri-ciri khusus yang kamu temukan dalam reklame tersebut?

- menggunakan gambar yang menarik pembacanya

- menggunakan huruf besar pada kalimat intinya

- menggunakan warna pada gambarnya

- menggunakan kata-kata yang menarik untuk membujuk pembacanya

Apa tujuan dari masing-masing reklame tersebut?

Tujuan dari brosur puskurdent adalah untuk mempromosikan pasta gigi dengan merek Puskurdent.
Tujuan dari selebaran Lomba Kreasi TPA adalah untuk memberikan informasi mengenai lomba kreasi TPA yang akan diadakan pada hari Minggu, 14 Maret 2017.

Tulis kesimpulanmu tentang reklame.

Reklame adalah alat untuk memberikan informasi, menawarkan, atau menawarkan sesuatu dengan menggunakan gambar dan kata-kata yang menarik agar para pembacanya tertarik untuk membeli atau mengikuti acara tersebut.


Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Halaman 23 – 24

Baca kembali teks tentang Pengalaman Belajar dari Negara-negara ASEAN.

Apakah kamu menemukan keberagaman ekonomi atau usaha dalam teks  tersebut?

Tuliskan jawabanmu beserta penjelasan.

Iya, pada teks tersebut terdapat keberagaman usaha.

1.Pengerajin jaket kulit dari Indonesia

2.Pengusaha kuliner manisan buah dari Thailand

3.Pengusaha dengan produk penyeduk kopi dari Vietnam

4.Pengembang aplikasi bertemakan agribisnis untuk memajukan petani

5.Pedagang makanan khas daerah

6.Pengerajin dan seniman wayang asik dari Brunei Darussalam

Apakah kamu juga menemukan keberagaman ekonomi atau usaha di sekitarmu? Jelaskan.

Ya saya menemukan

1.Usaha ekstraktif, yakni jenis usaha yang mengambil serta menanfaatkan secara langsung kekayaan yang ada di alam. Contohnya adalah nelayan yang menangkap ikan di lautan.

2.Pertanian, Perkebunan & Peternakan. Di tempat saya banyak bekerja sebagai petani padi, peternak ayam da nada pula yang bekerja di perkebunan buah.

Bagaimana pendapatmu tentang keberagaman usaha yang ada di sekitarmu?

Sangat senang karena semakin banyaknya keberagaman usaha berarti semakin banyak peluang untuk orang bekerja dan membuat menurunnya angka pengangguran di Indonesia

Bagaimana keberagaman usaha tersebut dapat membantumu dan masyarakat sekitar dalam kehidupan sehari-hari?

Saya dan masyarakat sekitar tidak perlu lagi jauh-jauh  mencari kebutuhan suatu produk atau jasa karena telah tersedia di lingkungan kami sendiri.

Ceritakan pengalamanmu ketika memanfaatkan produk atau jasa dari usaha tersebut.

Ketika ibu saya akan memasak, saya sering dimintai bantuan untuk membelikan bahan-bahan yang dibutuhkan. Untuk mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan, saya biasa mencarinya di pedagang sayur dan toko yang ada di lingkungan saya. Namun ketika ibu saya tidak sempat memasak, saya biasanya membei di warung dekat rumah saya.

Pernah suatu ketika televisi saya mati secara tiba-tiba. Karena keluarga saya tidak ada yang paham tentang barang elektronik, saya dan kakak saya membawanya ke tukang servis elektronik yang berada 200 meter dari rumah saya. Setelah dua hari, televisi berhasil diperbaiki. Tukang servis itu memberikan harga murah karena dia adalah teman dekat kakak saya. Dari semua cerita di atas, saya merasa bersyukur tinggal di lingkungan yang memiliki keberagaman usaha yang bisa saya manfaatkan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga Materi dan Kunci Jawaban Tematik Kelas 6 Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 2 Halaman 16, 17, 18, 19, 20, 21, 22, 23, 24 yang saya share pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat untuk Adik-adik dan para pembaca. Salam Pintar dari .