Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil, Perhatikan Aturannya!

Cuaca tak menentu kadang panas menyengat dan sebentar kemudian hujan lebat tak pelak akan mengakibatkan akibat tak baik ke mobil. Satu diantaranya yaitu munculnya jamur di kaca mobil karena air hujan yang kemudian menjadi kering oleh panas matahari. Cara menghilangkan jamur pada kaca mobil ternyata tak butuh waktu lama dan bisa dikerjakan sendiri. Berikut panduan cara menghilangkan jamur pada kaca mobil untuk membuatnya bersih dan bening.

Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Cara Menghilangkan Jamur pada Kaca Mobil

Sebelum memulai mesti diingat bahwa umumnya produk pembersih kaca memiliki kandungan ammonia. Ammonia sendiri memiliki rumus kimia NH3 yang terdiri dari Nitrogen dan Hidrogen yang kerap dipakai sebagai campuran sebab efektif menghilangkan jamur dan bercak efek dari air kotor  mengering lama atau kotoran lain. Namun perlu hati-hati sebab tak setiap produk pembersih kaca cocok dengan kaca mobil. Kaca tinted windows tak cocok dengan bahan tadi. Hasilnya kaca tak menjadi bersih namun malah bertambah buram. Untuk itu cek dulu tipe kaca mobil dengan melihatnya di pojok bawah kaca. Anda pun bisa menggunakan produk pembersih kaca mobil yang tercantum tulisan "safe for tinted windows" atau "ammonia free".

Adapun cara menghilangkan jamur pada kaca mobil, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Pertama sekali cuci kaca mobil memakai air bersih.
  • Cek bahwa area cuci terlindung dari terik matahari. Bila terkena langsung cahaya matahari maka bisa mengakibatkan cairan pembersih kaca akan cepat mengering yang kemudian menyisakan endapan berupa noda di lapisan kaca.
  • Pakai kain jenis microfiber untuk memperoleh hasil optimal ketika memoles. Bila memang tak punya, anda dapat memakai kain biasa yang lembut dan bersih.
  • Semprotkan atau oleskan bahan pembersih kaca ke area yang hendak dibersihkan, selanjutnya usap menggunakan kain sampai bening.
  • Semprot bagian tadi dengan air. Teruskan sampai seluruh bagian kaca mobil terpoles.
  • Anda bisa mendahulukan kaca mobil bagian depan sebab bagian ini lah biasanya yang paling sulit. Anda tidak usah panik bila bahan pemoles kaca mengenai bodi mobil. Anda cukup membilasnya menggunakan air sehingga tak merusakkan lapisan cat.
  • Anda bisa mengulangi cara menghilangkan jamur pada kaca mobil tadi bila dirasa hasilnya belum sesuai harapan.
  • Selalu membaca sejumlah petunjuk di kemasan produk pembersih kaca mobil sebab ada beberapa kondisi tertentu yang mesti ditaati agar mendapatkan hasil maksimal.