Cara Menghilangkan Sifat Egois Agar Lebih Dewasa

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri, manusia memerlukan satu sama lain untuk berbagi dan bekerja sama agar kehidupannya menjadi lebih baik. Manusia selain makhluk sosial juga merupakan makhluk individu sehingga tidak mengherankan bila manusia memiliki sifat untuk mementingkan dirinya sendiri. Sifat mementingkan diri sendiri yang hanya melihat segala sesuatu berdasarkan kepentingan, kesenangan, serta kebutuhan dirinya sendiri disebut juga egois.

Cara Menghilangkan Sifat Egois 

Orang yang memiliki sifat egois cenderung tidak bisa memahami perasaan ataupun pikiran orang lain. Hal tersebut tentunya akan merugikan dirinya sendiri ketika dia berada dalam suatu kelompok sosial karena saat seseorang berada dalam suatu kelompok maka dia harus bisa menghilangkan sifat egoisnya. Oleh karena itu, orang tersebut harus mempelajari cara menghilangkan sifat egois agar dia bisa berbaur dengan kelompok sosial serta menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.

Info mengenai cara menghilangkan sifat egois adalah hal yang dianggap mudah karena egois merupakan suatu sifat manusia. Namun, ada beberapa cara menghilangkan sifat egois yang bisa dicoba bagi anda yang ingin menghilangkan kebiasaan egois anda:

1. Berpikir logis

Anda sebaiknya belajar untuk berpkir secara lebih logis. Dengan tidak terlalu memaksakan kehendak hati anda atau memaksakan pikiran anda namun dengan berpikir secara factual tentang keadaan dan sebab akibat yang nantinya akan timbul bisa mencegah anda mulai berpikir egois.

2. Bersikap demokratis

Anda sebaiknya tidak membanding-bandingkan sesuatu hanya berdasarkan penampilan atau tampilan luar sesuatu hal tersebut. Jadi, bila anda mendengar pendapat seseorang tentang sesuatu anda sebaiknya mengambil sifat demokratis dengan memandang hal tersebut secara obyektif bukan subyektif. Dengan demikian, anda bisa mengambil keputusan atau pendapat yang akhirnya akan disetujui oleh semua anggota.

3. Menambah wawasan

Anda sebaiknya menambah wawasan anda tentang banyak hal sehingga anda mendapat informasi yang nantinya akan berguna. Dengan menambah wawasan sehingga pengetahuan anda lebih bertambah, anda tentunya akan berhenti memandang sesuatu dari sudut yang sempit. Hal tersebut sangat perlu bila anda ingin mengubah pribadi anda menjadi pribadi yang lebih terbuka, berwawasan, serta mencegah anda hanya berpikir dari satu sudut pandang. Pemikiran yang berasal dari satu sudut pandanglah yang sering kali membuat seseorang menjadi keras kepala bahkan menjadi egois.

Itulah beberapa cara menghilangkan sifat egois yang bisa anda coba bila anda ingin mencoba menghilangkan sifat egois anda ketika anda memasuki kelompok ataupun lingkaran masyarakat. Sebenarnya sifat egois tidak hanya memiliki makna negative karena terkadang keegoisan juga perlu bila anda ingin menunjukkan ketegasan anda. Namun, bila anda tergabung dalam suatu masyarakat atau kelompok anda sebaiknya tidak terlalu menunjukkan sifat tersebut karena bisa membawa perpecahan.