Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu Dengan Mudah

Saat mengerjakan suatu tugas seperti mengetik, menggambar, atau mengedit sesuatu melalui komputer tentunya akan sangat membosankan bila tidak sambil mendengarkan sesuatu atau lebih tepatnya lagu. Bahkan terkadang orang akan merasa mengantuk, hal tersebut berbeda bila orang tersebut mengerjakan sambil mendengarkan lagu atau music, tentunya dia menjadi lebih bersemangat dan tidak merasa mengantuk.

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu

Cara Menghilangkan Vokal Pada Lagu

Namun, menyalakan music yang mempunyai vocal terkadang mengganggu konsentrasi sehingga banyak yang mencari cara menghilangkan vokal pada lagu agar mereka bisa menikmati music atau lagu tersebut tetapi juga tetap bisa berkonsentrasi pada pekerjaan mereka.

Orang yang ingin menghilangkan suara vocal pada lagu selain karena ingin konsentrasi pada pekerjaan, ada juga yang alasannya karena mereka menyukai karaoke. Untuk bisa berkaraoke biasanya seseorang harus pergi ke tempat karaoke atau café yang menawarkan aktivitas karaoke.

Namun, saat ini setiap orang bisa berkaraoke dimanapun bahkan di rumah mereka asal mereka memiliki komputer yang dilengkapi dengan aplikasi yang bisa menghilangkan atau menekan frekuensi suara vocal sehingga yang terdengar hanya iringan lagu. Aplikasi tersebut sangat cocok atau kompatibel dengan berbagai format audio seperti WAV, WMA, AIFF, M4A, FLAC, AMR, MP3, dan lain-lain.

Sebenarnya ada juga cara menghilangkan vokal pada lagu tanpa aplikasi atau software apapun meskipun hanya bersifat sementara. Anda bisa mencobanya pada windows dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik start pada windows.
  2. Pilih Control Panel, lalu buka setting Sound.
  3. Pilih perangkat untuk memutar music contohnya Speaker, lalu klik Properties.
  4. Saat ada jendela terbuka, pilih Enhanments. Centang pilihan Voice Cancellation kemudian anda tinggal memutar lagu kesukaan anda.

Itulah salah satu cara menghilangkan vokal pada lagu tanpa menggunakan aplikasi apapun yang sifatnya sementara saja. Setelah melakukan setting tadi maka suara vocal akan hilang sampai anda mengubah pengaturannya lagi. Seperti yang disebutkan sebelumnya ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan suara vocal. Aplikasi-aplikasi tersebut bahkan ada yang bisa digunakan di berbagai OS seperti Windows, Mac OS, dan Linux.

Contoh aplikasi yang menghilangkan vocal tersebut yang bisa diputar di berbagai OS adalah Audacity. Audacity adalah aplikasi editor suara multi platform yang bisa digunakan sebagai sound editing. Aplikasi tersebut menghilangkan suara vocal dengan meminimalisir suara vocal tetapi tetap mempertahankan music. Cara menggunakan aplikasi tersebut juga terbilang mudah sehingga banyak yang menyukainya. Contoh aplikasi lainnya yang bisa digunakan adalah Wavosaur, WavePad, Oceanaudio, Nero WaveEditor, dan LMMS.

Selain aplikasi-aplikasi yang telah disebutkan ada juga media player yang bisa digunakan untuk menghapus suara vocal pada lagu yang akan diputar. Media player yang memiliki cara menghilangkan vokal pada lagu yang disebutkan tersebut adalah KMP Player dan GOM Player.