Hindari Bahan Kimia, Ketahui 7 Cara Menghilangkan Nyamuk Alami

Nyamuk kerap jadi momok manusia. Tak cuma sebagai perantara penyebaran penyakit namun serangga kecil yang satu ini pun sangat mengganggu ketenangan tidur kita di malam hari. Terkait dengan penyakit seperti malaria, demam berdarah, chikungunya, kaki gajah dan banyak penyakit lainnya sehingga nyamuk merupakan ancaman besar bagi manusia. Karenanya manusia berinovasi lewat obat anti nyamuk baik bakar, semprot hingga losion. Kendati sudah tersedia banyak produk tersedia namun sebagian orang masih mengandalkan cara menghilangkan nyamuk kuno yang cukup ampuh.

Cara Menghilangkan Nyamuk Alami

Salah satu cara menghilangkan nyamuk yang bisa digunakan adalah memanfaatkan beberapa bahan alam berikut ini :

1. Minyak kayu putih dan minyak lemon
Direkomendasikan oleh CDC (Center for Disease Control) sebagai bahan alami pengusir nyamuk yang efektif. Kedua bahan ini mengandung senyawa cineole aktif yang memiliki sifat antiseptik anti serangga bila diterapkan ke kulit serta tanpa efek buruk bagi kesehatan. Campurkan minyak lemon dan minyak kayu putih dengan perbandingan sama, lalu oleskan ke bagian tubuh yang terbuka.

2. Kamper
Bahan yang satu ini mudah didapatkan di mana-mana. Kamper terbukti memiliki aktivitas anti nyamuk paling awet jika dibandingkan dengan produk alami lainnya. Tempatkan kamper di ruangan dan tutup semua pintu dan jendela. Tinggalkan selama sekitar 15 sampai 20 menit sebelum menggunakan ruangan.

3. Bawang putih
Bahan dengan bau khas ini bisa bertindak sebagai obat alami yang efektif untuk membunuh nyamuk. Mungkin bau, tapi memang karena itulah mengapa nyamuk menjauh. Bau kuat dan menyengat dari bawang putih dikenal mampu mencegah gigitan nyamuk dan bahkan mencegah mereka dari memasuki rumah Anda. Cara menghilangkan nyamuk dengan bahan ini, hancurkan beberapa siung bawang putih, rebus dalam air hingga mendidih. Gunakan air rebusan ini untuk menyemprot ruangan. Anda juga bisa menyemprotkannya ke bagian tubuh yang terbuka untuk menghindari gigitan nyamuk.

4. Tea tree oil
Minyak pohon teh memiliki banyak manfaat untuk kulit dan rambut dan sekaligus sebagai agen antibakteri, antijamur dan anti nyamuk. Oleskan minyak pohon teh ke kulit Anda atau tambahkan beberapa tetes ke vaporizer. Dengan cara ini aroma minyak pohon teh akan menguap ke udara dan menghalau nyamuk di dalam rumah.

5. Mint
Jika aroma mint membuat Anda santai maka obat anti nyamuk yang satu ini pas untuk Anda. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bioresource Technology menemukan bahwa minyak mint efektif menghalau nyamuk di dalam ruangan. Anda dapat menggunakan daun mint atau dalam bentuk minyak. Anda dapat meneteskannya ke dalam vaporizer untuk memenuhi ruangan dengan aroma mint. Boleh juga dengan mengoleskan minyak ke kulit tubuh dan juga menanam pohon semak ini di luar jendela kamar Anda.

6. Lavender
Tidak hanya aromanya yang menyegarkan namun sekaligus juga mampu mengusir keberadaan nyamuk. Gunakan minyak lavender sebagai pengharum ruangan atau semprotkan ke kulit Anda.

7. Citronella
Minyak sereh adalah pilihan lain cara menghilangkan nyamuk dari rumah anda. Gunakan minyak sereh dalam vaporizer untuk membantu Anda terhindar dari gigitan nyamuk. Anda pun bisa menanam jenis tanaman yang satu ini di dekat jendela kamar anda.