Cara Menghilangkan Virus Di Laptop yang Membandel

Virus menjadi hal yang sangat menyebalkan. Ada beberapa cara menghilangkan virus di laptop. Akan tetapi, anda harus mengetahui apa itu keburukan dari virus ini. Dngan kata lain, ada beberapa hal yang harus anda ketahui tentang kerugian dari virus tersebut.

Cara Menghilangkan Virus Di Laptop

 Cara Menghilangkan Virus Di Laptop

Pertama, virus bisa menghilangkan data anda. Data anda akan hilang. Data yang hilang biasanya karena adanya virus yang sangat bandel. Anda tidak ingin kehilangan data bukan? Kedua, anda akan mendapati bahwa laptop anda akan bekerja lebih lambat. Virus akan membuat anda melaksanakan pekerjaan anda dengan lambat. Hal ini dikarenakan terlalu banyak virus akan mempengaruhi kemampuan laptop anda. Hal ini seperti sampah yang menumpuk. Anggaplah virus seperti parasit yang membuat langkah anda semakin terganggu.

Ada beberapa penyebab dari virus sebelum anda mengetahui cara menghilangkan virus di laptop. Berikut adalah beberapa penyebab:

  1. Bawaan dari perangkat lain. Biasanya virus akan datang jika anda memasukkan perangkat lain seperti flashdisk. Hal ini akan membawa virus. Ini disebabkan virus tersebut terbawa dari perangkat sebelumnya
  2. Download. Anda melakukan download yang ilegal. Download ilegal akan membuat laptop anda terjangkit virus. Banyak hacker jahat yang meletakkan virus pada bagian download. Hal ini akan membuat anda secara tidak sengaja memasukkan virus kedalam laptop anda. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam memilih tempat download. Yakinkan bahwa website tersebut memang terpercaya untuk mendownload sesuatu.

Bagaimana cara menghilangkan virus di laptop tanpa antivirus? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan virus tanpa antivirus. Berikut adalah caranya:

  • Buka “run” dilaptop anda. Kemudian ketik CMD
  • Kemdian anda masuk ke drive flashdisk anda. Sesuaikan dengan drive flashdisk yang muncul contohnya saja drive F. Kemudian ketik F lalu enter
  • Kemudian ketik perintah attrib -s -r -h /s /d . Perintah ini bertujuan untuk mengembalikan folder yang terkena virus. Kemudian folder anda yang terkena virus sudah kembali.

Cara tersebut diatas adalah cara untuk mengembalikan folder anda yang terkena virus. Terkadang ada folder yang terkena virus dan tersembunyi.

Selian cara tanpa antivirus, ada juga cara yang lebih mudah. Berikut adalah cara menghilangkan dengan antivirus. Pertama anda hars menetukan antivirus terlebih dahulu. Ada baiknya anda menggunakan antivirus dengan update paling baru. Hal ini dikarenakan antivirus tersebut lebih bisa membasmi virus apapun. Kedua, anda harus menjalankan antivirus tersebut. Antivirus tersebut akan membasmi virus dalam beberapa waktu. Antivirus memang tidak menjamin virus akan hilang secara langsung. Oleh karena itu, anda harus mengetahui bahwa cara menghilangkan virus di laptop tersebut harus dilakukan berulang-ulang. Rajinlah untuk melakukan scanning virus pada perangkat anda.